Kunjungan Mahasiswa Prodi Sejarah UNDIP ke PSPK UGM

Pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022, PSPK UGM mendapat kunjungan rombongan mahasiswa program studi Ilmu Sejarah, Universitas Diponegoro Semarang. Kunjungan tersebut diikuti oleh 112 orang mahasiswa ilmu sejarah angkatan tahun 2020 dan didampingi oleh 2 orang dosen pembimbing, yaitu Dr Haryono dan Dr. Slamet. Mereka berkunjung ke PSPK UGM dengan mengendarai 2 buah bus pariwisata.

Sebelum berkunjung ke perpustakaan PSPK UGM, rombongan disambut oleh wakil manajemen PSPK UGM di ruang Prof. Sartono Kartodirjo. Dalam sambutannya, FX Danang Sapto Nugroho selaku wakil dari kepala PSPK UGM menyampaikan ucapan selamat datang di PSPK UGM, dan menyampaikan titipan permohonan maaf dari kepala PSPK, Prof DR. Bambang Hudayana, MA yang tidak bisa menyambut secara langsung rombongan tamu dari UNDIP tersebut karena ada tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan.   FX Danang juga menyampaikan kepada para tamu bahwa ruang Prof Sartono Kartodirjo merupakan ruang yang bersejarah karena di ruangan tersebut pernah dilaksanakan kegiatan konsolidasi tokoh-tokoh pejuang reformasi antara lain Sultan Hamengkubuwono X dan Prof Loekman Sutrisno sehingga perjuangan bisa membuahkan hasil, yaitu terjadinya perubahan dari Orde Baru ke Orde Reformasi.

Dalam sambutanya, Dr Haryono selaku ketua rombongan menyampaikan ucapan terima kasih kepada manajemen PSPK UGM yang telah berkenan untuk menerima kunjungan rombongan mahasiswa Ilmu Sejarah UNDIP. Kunjungan ini sebenarnya bukan kunjungan yang pertama kali romobongan mahasiswa ilmu sejarah UNDIP ke PSPK UGM, karena di masa sebelum pandemi covid 19 juga telah dilaksanakan kunjungan serupa. Hanya pada masa pandemi kunjungan tidak dapat dilaksanakan karena adanya kebijakan pembatasan sosial.

DR Haryono juga menyampaikan kepada para mahasiswa bahwa PSPK UGM merupakan salah satu pusat studi yang berjasa besar dalam perjalanan keilmuannya. Ia menyampaikan bahwa ia adalah lulusan program pasca sarjana dan program doktoral ilmu sejarah UGM. Pada saat masih menjadi mahasiswa program pasca sarjana dan program doktoral ilmu sejarah UGM, ia sering berkunjung ke PSPK UGM untuk mencari referensi, baik buku, jurnal, buletin maupun hasil penelitian. Dr Haryono menganjurkan kepada para mahasiswa untuk menempuh jalan yang pernah ia lalui, yaitu berkunjung ke PSPK UGM untuk mendapatkan referensi yang dapat berguna  untuk mendukung pengembangan kapasitas intelektual mereka di bidang ilmu sejarah.

Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari rombongan tamu kepada manajemen PSPK UGM. Kenang-kenangan diserahkan oleh Dr Haryono kepada FX Danang Sapto Nugrohu. Usai acara penyambutan, rombongan berkunjung ke perpustakaan PSPK UGM. Di perpustakaan, rombongan melihat-lihat koleksi perpustakaan baik berupa buku, hasil penelitian, buletin maupun jurnal. selain melihat koleksi buku milik perpustakaan, rombongan juga berkunjung ke ruang Werheim Collection, Loekman Sutrisno Colelection dan Sugiyanto Padmo Collection. Dari tiga collection tersebut, masing-masing memiliki koleksi buku, jurnal dan buletin yang disumbangkan oleh tokoh-tokoh yang namanya dipakai sebagai nama colection, yaitu koleksi buku sumbanganProf. Dr Wertheim, Prof. Dr. Loekman Sutrisno, dan prof. Dr Sugiyanto Padmo.

Usai acara kunjungan ke perpustakaan PSPK UGM, tepat pkl 15.00 rombongan mahasiswa ilmu sejarah UNDIP tersebut meninggalkan PSPK UGM, diantar hingga pintu gerbang oleh perwakilan manajemen PSPK UGM

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*