Kunjungan Tim Dari Dinas Pemukiman Kabupaten Kediri ke PSPK UGM

Pada hari Kamis tanggal 27 Oktober 2022, Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan tim dari Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Kediri. Tim yang terdiri dari 4 orang tersebut diterima langsung oleh kepala PSPK UGM, Prof. Dr Bambang Hudayana, MA, yang didampingi oleh beberapa orang peneliti senior yaitu Prof. Dr. Suharko dan Drs. Ari Primantoro, serta beberapa peneliti PSPK UGM.

Dalam sambutannya Prof Bambang Hudayana menyampaikan bahwa PSPK UGM telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kediri, khususnya dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kediri. Pada tahun ini PSPK UGM mendapat kepercayaan dari Balitbangda untuk melakukan beberapa pekerjaan kajian, yaitu studi potensi desa-desa  di kawasan bandara, dan studi desa wisata. Selain itu PSPK juga akan melakukan kajian tentang kesempatan kerja di bandara dan kebutuhan tenaga kerja di desa-desa kawasan bandara untuk mengakses kesempatan kerja tersebut. Berkaca pada pengalaman kerja sama dengan Balitbangda tersebut maka PSPK UGM siap apabila Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kaabupaten Kediri juga akan menjalin kerja sama dengan PSPK UGM.

Dalam sambutannya Ketua Tim dari Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Kediri menyampaikan bahwa tujuan kedatangan tim ke PSPK UGM adalah untuk melakukan penjajagan kemungkinan adanya kerjasama antara PSPK UGM dengan Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Kediri.  Sebagai satuan kerja yang membawahi tugas terkait pemukiman dan prasarana wilayah, Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah selain mengemban tugas memberikan pelayanan terkait perizinan di bidang pemukiman juga bertugas untuk menyelesaikan berbagai persoalan pemukiman yang ada di wilayah Kabupaten Kediri. Berkaitan dengan hal tersebut maka tim berkunjung ke PSPK UGM untuk menjajaki peluang kerjasama Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Kediri dengan PSPK UGM.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh tim dari Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Kediri, Prof. Bambang Hudayana menyampaikan bahwa PSPK UGM siap membantu untuk mengatasi berbagai persoalan pemukiman yang ada di wilayah kabupaten Kediri. PSPK UGM juga siap untuk  bekerjasama dengan Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Kediri mengatasi persoalan pemukiman yang ada di wilayah Kabupaten Kediri. Namun untuk bisa merumuskan berbagai bentuk kerja sama antara kedua belah pihak maka yang pertma-tama perlu dilakukan oleh Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Kediri adalah memetakan persoalan-persoalan yang terkait dengan pemukiman dan prasarana wilayah yang masih terjadi di wilayah Kabupaten Kediri. Hasil  pemetaaan tersebut akan menjadi dasar bagi perumusan program kerja yang bisa dilaksanakan oleh Dinas Pemukiman dan Prasarana wilayah Kabupaten Kediri untuk mengatasi persoalan tersebut.

Tepat pukul 11.00 wib diskusi antara tim Dinas Pemukiman dan Prarasana Wilayah kabupaten Kediri berakhir dan ditutup dengan sesi berfoto bersama.*

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*